Jumat, 15 Januari 2010

Kritik Artikel Danau Zamrud, Danau Berair Hitam

JUDUL KARYA SASTRA : DANAU ZAMRUD, DANAU BERAIR HITAM
PENGARANG : ANDY RIZA HIDAYAT
PENERBIT : KOMPAS
TEMPAT TRBIT : JAKARTA
TAHUN TERBIT : 2006
Cerita ini pernah diterbitkan di Koran Kompas. Cerita ini menarik karena gaya bahasa yang digunakan sangat halus, lembut dan terpelajar. Latar belakang yang ditampilkan dalam cerita ini sangat autentik dengan keadaan di Indonesia. Banyak masalah menarik yang ditampilkan seperti kebakaran hutan dan perubahan dari Kawasan Suaka Margasatwa menjadi Taman Nasional.

Andy Riza Hidayat mengawali certia dengan menampilkan sejarah terbentuknya Danau Zamrud menjadi daerah Kawasan Suaka Margasatwa. Apabila Anda sudah mulai membaca cerita ini, Anda akan dibawa oleh rasa penasaran untuk mengetahui apa saja yang terdapat di danau tersebut.

Cerita ini bukan hanya sekedar bacaan yang dapat memberikan hiburan semata, tetapi juga memberikan nasihat yang berguna kepada kita. Antara lain mengajak kita untuk melestarikan hutan, menjaga hutan dan masih banyak lagi. Begitu banyak keunggulan yang ditampilkan dalam cerita ini namun setiap karya manusia pasti ada kekurangannya. Kekurangannya seperti tidak dijelaskan hewan apa saja yang hidup, tidak dijelaskan kenapa danaunya berwarna hitam. Tapi kekurangan ini menjadi kelebihan cerita ini.

Tak ada ruginya bila Anda membaca cerita ini. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Saya menyarankan coba baca, nikmati, dan ambillah hikmah yang dapat dipetik untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar